Penyebab Ganguan Pada Organ Pencernaan


Image result for gangguan sistem pencernaan
                                                       Sumber: perutcakit.blogspot.com


Penyebab Ganguan Pada Organ Pencernaan  | Ganguan pencernaan termasuk masalah kesehatan yang mempengaruhi satu, atau beberapa organ dari sistem pencernaan secara bersamaan. Sistem pencernaan berperan untuk menerima makanan, mencerna atau memecahnya menjadi nutrisi yang dapat diserap, kemudian dialirkan ke seluruh tubuh oleh darah. Sstem pencernaan juga bertugas memisahkan dan membuang bagian dari makanan yang tidak dapat dicerna, , misalnya serat.


Ganguan pada sistem pencernaan dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain stres, pola makan yang tidak sehat, panas dalam, makan sambil diselingi minum air, kebiasaan makan terlalu cepat, dan sebagainya. Pola makan yang tidak sehat misalnyaterlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, atau makanan pedas dapat memicu ganguan pencernaan.


Panas dalam sebagai penyebab ganguan pencernaan, karena tubuh mengalamikekurangan cairan. Akibatnya, tubuh mengalami dehidrasi dan menganggu kerja pencernaa.


Tubuh yang stres akan mengeluarkan hormon yang mengandung bahan kimia tertentu yang bersifat racun. Hormon tersebut akan memengaruhi reaksi kimia tubuh, sehingga proses pencernaan tergangu.


Sistem pencernaan yang terganggu akan ditandai dengan badan atau nafas berbau, proses pencernaan lambat, rambut menjadi kering atau rusak, sering buang angin setelah makan, dan kurang selera makan atau tenaga. Ganguan pencernaan juga ditandai dengan kuku rusak dan mudah patah, buang air besar tidak lanacar, adanya ganguan dan kelainan masalah kulit, serta tulang dan gigi rawan lemah.



Jangan lupa baca juga:

Comments

Popular posts from this blog

KEWAJIBAN DAN HAK TERHADAP SUMBER ENERGI

6 Tempat Wisata Foto Terbaik Di Indonesia

KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT DI BERBAGAI TEMPAT