Bangunan Indonesia Di Mancanegara

Bangunan Indonesia Di Dunia

Indonesia itu indah. Indonesia itu mengagumkan. Lihat saja, bagaimana negara lain membangun tempat- tempat bertema Indonesia.




1. Kebun Binatang Chester

Bangunan Indonesia Di Mancanegara
 
Orang- orang di Cheshire, Inggris, bisa melihat hewan- hewan Indonesia tanpa perlu ke Indonesia. Ya, mereka bisa melihat berbagai hewan khas Indonesia di kebun binatang Chester. Di sana, ada burung kasuari dari Papua, harimau Sumatra, monyet hitam dari Sulawesi, dan lainya. Uniknya, hewan-hewan dari Indonesia itu ditempatkan di lokasi yang diberi nama pulau- pulau di Indonesia. Ada Bali, Sumatra, Sumba. Sulawesi, dan Papua. Suasananya pun dibuat seperti di pulau- pulau itu. Misalnya di lokasi bertema Sumba, ada bangunan yang bergaya rumah tradisional Sumba.


2. Restoran Minang Kabau

Bangunan Indonesia Di Mancanegara

Di Rotterdam, Belanda, ada restoran bergaya rumah Gadang. Restoran yang berdiri pada tahun 2000 itu diberi nama restoran Minang Kabau. Restoran itu berada di tepi danau Kralingse Plas di hutan kota Kralingse Bos yang indah. Wah, kalau sedang jalan jalan di Belanda dan kangen makanan Indonesia, kita bisa mampir ke restoran ini. Di sana, ada berbagai macam makanan  Indonesia. Ada gado- gado, sate, makanan Jawa Timur seperti nasi rames, dan lainya.

3. House Of The Five Senses
Bangunan Indonesia Di Mancanegara

Selain di Rotterdam, ada juga bangunan lain bergaya rumah Gadang khas Sumatera Barat. Bangunan itu adalah pintu utama dari taman bermain Efteling di Kaatsheuvel, Belanda. Pintu
depan yang megah itu disebut  House Of The Five Senses.  House Of The Five Senses dibangun oleh bapak Ton Van De Ven. Beliau adalah salah satu desainer dari Belanda yang merancang bangunan-bangunan di Efteling.  House Of The Five Senses mulai digunaka sebagai pintu utama pada tahun 1996.



4. Batakhaus

Bangunan Indonesia Di Mancanegara

Rumah adat Batak Toba disebut rumah Bolon. Nah, di Werpeloh, Emsland, Jerman ada rumah Bolon yang disebut Batakhaus. Rumah itu sudah berdiri sejak 1978. Wah, sudah lama juga, ya! Batakhaus memang seperti rumah Bolon di Indonesia. Atapnya, ukiran- ukiranya, pembagian ruanganya, tangga pintu di depannya, pokoknya sama semua!. Batakhaus di Werpeloh itu diguna-kan sebagai museum dan objek wisata.



5. Kingdom Of Ganesha

Image result for Kingdom Of Ganesha

Di Bruglette, provinsi Hainaut, Belgia, ada kebun binatang Pairi Daiza. Kebun binatang itu
memiliki taman- taman indah yang bertema negara negara di dunia. Nah, salah satu tamanya ada yang bertema Indonesia. Namanya, taman Kingdom Of Ganesha, atau kerajaan Ganesha. Di Kingdom Of Ganesha, suasananya seperti di Bali. Ada pura khas Bali., festival ogoh- ogoh, sawah terasiring khas Bali, dan hewan- hewan khas Bali seperti burung jalak Bali. Selain Bali Kingdom Of Ganesha, juga ada berbagai kebudayaan Indonesia yang lain. Salah satunya adalah rumah tradisional Nusa Tenggara Timur.




Kalau negara- negara lain saja mengakui dan mengagumi keindahan serta kekayaan nudaya Indonesia, bagaimana denganmu? Apa keindahan dan kekayaan Indonesia favoritmu.



Baca Juga:

6 Tempat Wisata Foto Terbaik Di Indonesia


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

KEWAJIBAN DAN HAK TERHADAP SUMBER ENERGI

6 Tempat Wisata Foto Terbaik Di Indonesia

KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT DI BERBAGAI TEMPAT